cse

Loading

Selasa, 07 Januari 2014

Jurnal

PENYULUHAN KESEHATAN GIZI DAN PENCEGAHAN PENYAKIT PADA MASYARAKAT
DESA CISITU KECAMATAN CISITU KABUPATEN SUMEDANG
Oleh:
Parman, dkk
Abstrak
Keberhasilan pembangunan nasional suatu bangsa ditentukan oleh ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Kekurangan gizi dan tidak sehat dapat merusak kualitas SDM. Urusan kesehatan meruoakan urusan lingkungan, sikap, dan prilaku masyarakat. Di Sumedang, gizi buruk dan yang terjangkit penyakit setiap tahunnya terus meningkat. Masalah tersebut dapat diidentifikasi senagai berikut: (1) masyarakat memerlukan penyuluhan tentang gizi. (2) Masyarakat perlu pemahaman, pengertian, pendegahan penyakit yang dapat menjadi wabah dalam keluarganya. Adapun hasil pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan adalah sebagai berikut: (1) Masyarakat bukan tidak peduli masalah kesehatan tetapi terkadang terlupakan oleh kesibukannya dalam kehidupan, dengan demikian penyuluhan secara berkala melalui pendekatan kekeluargaan perlu terus dilanjutkan. (2) Banyak factor yang mempengaruhi keadaan kesehatan dan gizi masyarakat, tidak sekadar persoalan kelemahan ekonomi, tetapi multi factor yang sangat erat jalinannya. Oleh karenanya pemerintah harus dapat mengatasi permasalahan dengan berbagai pendekatan, dan multi pandang. Sehingga dapat diselesaikan secara komprehensif dan tepat guna. (3) Masyarakat umumnya lebih memerlukan contoh dan pembuktian daripada sekedar teori. (4) Faktor keengganan masyarakat untuk melaporkan kejadian menyangkut kesehatan dan guzu kepada kader, merupakan hambatan tersendiri di masyarakat. Demikian juga perilaku aparat yang sering menutupi keadaan masyarakat yang emngalami kekurangan gizi dan kesehatan merupakan kendala yang perlu disadari oleh semua pihak. Masyarakat harus dibiasakan beranu mengadu dan bertanya bila ada permasalahan guzu dan kesehatan. Pemerintahpun tidak perlu takut bila mendapati warganya menderita sakit atau kurang gizi untuk sesegera mungkin ditanggulangi. Kata-kata kunci : kesehatan gizi, pencegahan penyakit, kesehatan masyarakat, gizi buruk, sanitasi dan air kurang gizi.

1. Permasalahan
Seperti telah diuraikan dalam analisis situasi, maka muncul masalah yang dapat dicoba dipecahkan melalui pengabdian ini. Adapun masalah tersebut dapat diidentifikasi sebagai berikut. a. Masyarakat desa Cisitu Kecamatan Cisitu perlu pemahaman pengertian, perubahan sikap, dan perilaku untuk dapat hidup sehat, oleh karena itu, diperlu- kan penyuluhan tentang gizi. b. Masyarakat desa Cisitu Kecamatan Cisitu perlu pemahaman pengertian, pencegahan penya-kit yang dapat menjadi wabah dalam keluarganya. Dari rincian masalah di atas dapat dirumuskan dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut :
1) Bagaimana memahamkan masyarakat dan menyadarkan masyarakat desa Cisitu Kecamatan Cisitu sehingga dapat bersikap positif tentang perlunya gizi, macam gizi yang harus mereka perhatikan dalam kehidupan?
2) Bagaimana memahamkan masyarakat dan menyadarkan masyarakat desa Cisitu  Kecamatan Cisitu sehingga dapat bersikap positif tentang pengetahuan berbagai penyakit dan pencegahan penyakit yang harus mereka perhatikan dalam kehidupan?


2. Tujuan Pengabdian Tujuan kegiatan pengabdian ini secara umum ingin membantu masyarakat dalam memahami dan mengubah sikap masyarakat desa Cisitu pada pemahaman gizi, kesehatan, dan penyakit yang dapat mengenai mereka dalam kehidupannya. Selaku yang mendukung perbaikan gizi dan kesehatan masyarakat desa Cisitu serta pencegahan terhadap penyakit.

perlu info lebih lanjut klik dibawah ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar