cse

Loading

Selasa, 07 Januari 2014

kecukupan mineral untuk kebutuhan tubuh

Mineral merupakan unsur esensial bagi fungsi normal sebagianpengendalian komposisi cairan tubuh 65%. Untuk pemeliharaan fungsi tubuh,manusia memerlukan mineral dalam jumlah tertentu. Mineral yangdibutuhkan tubuh hingga saat ini dikenal dengan nama mineral makro danmineral mikro.Intake (asupan) makanan sehari-hari, membantu manusiamendapatkan zat yang diperlukan tubuh. Dinamakan mineral mikro, karenatubuh hanya memerlukan dalam jumlah kurang dari 100 mg saja. Jumlahyang memang sangat kecil, tapi sudah mencukupi bagi tubuh.

Mineral esensial yaitu mineral yang sangat diperlukan dalam prosesfisiologis makhluk hidup untuk membantu kerja enzim atau pembentukanorgan. Unsur-unsur mineral esensial dalam tubuh terdiri atas dua golongan,yaitu mineral makro dan mineral mikro.

Mineral merupakan bagian dari tubuh dan memegang peranan penting dalam pemeliharaan fungsi tubuh, baik tingkat sel, jaringan, organ maupun fungsi tubuh secara keseluruhan. Kalsium, fosfot, dan magnesium adalah bagian dari tulang, besi dari hemoglobin dalam sel darah merah, dan iodium dari hormon tiroksin. Di samping itu mineral berperan dalam berbagai tahap metabolisme, terutama sebagai faktor dalam aktifitas enzim-enzim. Keseimbangan ion-ion mineral didalam cairan tubuh diperlukan untuk pengaturan pekerjaan enzim-enzim, pemeliharaan keseimbangan asam-basa, membantu transfer ikatan-ikatan penting melalui membran sel dan pemeliharaan kepekaan otot dan saraf terhadap rangsangan.

Mineral dogolongkan kedalam mineral makro dan mineral mikro. Mineral makro adalah mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah lebih dari 100 mg sehari, sedangkan mineral mikro dibutuhkan kurang dari 100 mg sehari. Jumlah mineral mikro dalam tubuh kurang dari 15 mg. Hingga saat ini dikenal sebanyak 24 mineral yang dianggap esensial. Jumlah itu setiap waktu bisa bertambah. 


ingin tau lebih jelas download disini .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar